Dandy Alfaz

Dandy Alfaz's Blog

CodeIgniter : Web Framework untuk Pemula.

Sebelumnya saya sudah pernah membuat dua artikel tentang web development, yang mana memiliki fokus dalam Front end. Kali ini saya akan melakukan hal yang sama tetapi dengan fokus yang berbeda. Yaitu saya akan memberi sedikit ulasan tentang back end dan teknologi apa yang dilibatkan didalamnya.




Saat kita membahas Back end, tempat bermain kita berada di server side dan disini kita akan melakukan scripting pada web server untuk menghasilkan respon kepada ke client yang melakukan request melalui HTTP.

Disini kita akan menggunakan bahasa pemrograman PHP : Hypertext preprocessor untuk melakukan server side scriptingnya. bagi teman - teman yang masih terasa asing dengan bahasa pemrograman yang satu ini silahkan akrabkan diri dengannya melalui situs PHPnya sendiri atau melalui situs edukasi untuk belajar teknologi web di W3schools.

Setelah akrab dengan PHP mari kita berkenalan dengan CodeIgniter. CodeIgniter sendiri merupakan Web framework untuk PHP, yang artinya teman - teman akan membuat aplikasi web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan bantuan web framework CodeIgniter sehingga mempercepat dan mempermudah proses pengembangan.

Silahkan kunjungi situsnya buat teman - teman yang mungkin sedikit penasaran atau emang berniat untuk mempelajarinnya face01. Saya tidak mengulas lengkap tentang CodeIgniter secara lengkap disini karena saya situs mereka sudah sangat lengkap. Seperti biasa saya cuman share apa yang saya ketahui dan apa yang menurut saya menarik. :D

  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    CodeIgniter : Web Framework untuk Pemula.
      Komentar(0)