Dandy Alfaz

Dandy Alfaz's Blog

Cara Mengetik Huruf Jepang di Linuxmint 19 Tara.

Disini siapa yang pakai linuxmint atau distro debian-based lainnya? face01. Ada hal yang sangat menarik yang kali ini akan saya share, terutama bagi para pembelajar bahasa Jepang di luar sana yang menggunakan distro linux sebagai sistem operasi di komputernya masing - masing.




Caranya sangat sederhana dan mudah, dan saya sendiri saat melakukannya tidak memakan waktu sampai 10 menit. Pertama yang kamu butuhkan yaitu akses internet untuk mengakses repository dan mendapatkan packages yang dibutuhkan disitu. Packages yang dibutuhkan yaitu ibus, ibus-anthy, ibus-gtk, ibus-gtk3, ibus-qt4. Pastikan kamu update repository terlebih dahulu dengan perintah apt-get update sebelum menginstall packagesnya.

Selanjutnya buka control center lalu pilih Look and Feel dan pilih Input Method. Kemudian ubah input methodnya menjadi IBus. Kembali ke control center dan sekarang pilih other, disitu akan ada IBus Preferences lalu kamu click maka Window baru akan terbuka. di window ini terdapat 5 menu, yaitu General, Input Method, Emoji dan Advanced. Pilih Input Method, lalu tambahkan bahasa Jepang dan pilih Anthy sebaga input methodnya.

Selesai! Horee. Sekarang kamu bisa mengetik bahasa Jepang di laptop linuxmint kamu dengan mudah. kamu akan menyadari di panel menu kamu akan ada icon bahasa EN. Ini artinya input method yang sedang aktif adalah input method untuk mengetik bahasa Inggris. Jika kamu ingin menggantinya cukup klik Icon tersebut dan pilih input method yang ingin kamu gunakan.

Keren bukan? Sekarang kamu bukan hanya dapat mengetik huruf Jepang tetapi kamu juga bisa memasukan emoji lhoo.




kamu juga bisa menyesuaikan pengaturan input method sesuai kebutuhan kamu melalui IBus Preference. 格好いいでしょう!


  • Artikel (Hobby)dari kategori yang sama
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Cara Mengetik Huruf Jepang di Linuxmint 19 Tara.
      Komentar(0)