Dandy Alfaz

Dandy Alfaz's Blog

Apa itu Jquery?

Sebelum kita tahu apa itu Jquery dan kegunaannya, terlebih dahulu kita harus tau Apa itu Javascript. Karena Jquery sendiri merupakan code Javascript yang tertulis dengan baik yang membuat HTML document traversing, event handling, animating, dan interaksi AJAX dalam pengembangan web menjadi lebih mudah dan cepat.





Jquery bukan bahasa pemrograman, tetapi Jquery adalah library Javascript. Maksud dari library ini artinya Jquery merupakan kumpulan kode Javascript siap pakai yang akan memudahkan kita dalam web development dan juga mempercepat prosesnya. Kok bisa? Ya, karena seperti yang saya bilang bahwa Jquery itu kode Javascript yang tertulis dengan baik yang mampu melakukan suatu hal menjadi tidak terlalu sulit dibandingkan dengan menulis langsung Javascript dari awal (Vanilla Javascript).

Jquery awalnya di buat pada Januari 2006 di BarCamp oleh John Resig. saat ini Jquery berlisensikan MIT dan dikembangkan oleh The Jquery Team.

Dalam penggunaanya Jquery sangatlah populer meskipun terbilang sudah sangat lama dan sudah banyak javascript library lainnya yang lebih canggih dan modern, Jquery masih dapat berdiri kokoh.

Alasannya? sederhana. Karena Jquery tidak membutuhkan learning curve sama sekali. Kita bisa langsung menggunakan Jquery tanpa harus mempelajari Javascript secara mendalam dan mungkin hanya butuh waktu satu hari untuk dapat menggunakan Jquery.

Kita juga bisa membuat plugin kita sendiri menggunakan Jquery. contohnya membuat slideshow. Membuat plugin bertujukan untuk mengurangi pengulangan pembuatan kode yang sama. Jadi kalo kita membuat plugin slideshow di project a, saat kita ingin melakukan hal yang sama di project b, c dan d misalnya, kita tinggal memanggil plugin yang sama tanpa harus membuat kode untuk slideshow di tiap project.

Selain sebagai library Javascript dan memudahkan kita dalam membuat plugin. Jquery juga berperan sangat penting sebagai dependency. Plugin yang kita buat menggunakan Jquery tidak akan bekerja tanpa Jquery. Dan Front end framework sejuta umat &mdash Bootstrap, untuk menghidupkan fitur yang membutuhkan Javascript, juga bergantung pada Jquery. Ini adalah contoh Jquery sebagai dependency.

Dengan semua kemudahan dan kemampuan yang dimiliki Jquery membuatnya sering kali dilibatkan dalam banyak proyek pengembangan web dan sangat bersahabat untuk pemula yang ingin melakukan HTML document traversing, event handling, animating, dan interaksi AJAX dalam pengembangan web.

Bagi kamu yang tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang Jquery dan ingin mempelajarinya, kamu bisa download dan melihat dokumentasinya di situs resminya https://jquery.com/

Referensi
https://www.codeproject.com/Articles/157446/What-is-jQuery-and-How-to-Start-using-jQuery
https://getbootstrap.com/docs/4.0/getting-started/javascript/


  • Artikel (Review)dari kategori yang sama
    Mengenal Node.js
    Mengenal Node.js(2018-11-16 11:00)

    Yandex : Googlenya Rusia
    Yandex : Googlenya Rusia(2018-11-14 10:42)

    Vivaldi Web Browser.
    Vivaldi Web Browser.(2018-10-24 19:12)

    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Apa itu Jquery?
      Komentar(0)