Dandy Alfaz

Dandy Alfaz's Blog

Mengenal Node.js

Jika membahas pengembangan web, sederhana kita bisa mengelompokannya ke front end dan back end. Dan dalam artikel ini tentu saya akan membahas bagian back endnya dengan singkat.




Node.js telah dibuat pada tahun 2009 oleh Ryan Dahl dengan ide di balik hadirnya node.js di pengembangan web adalah kemampuannya dalam menangani concurrency dan asynchronus programming.

Saat membahas node.js kita secara otomatis membahas Javascript juga, tetapi kode Javascript yang kita tulis berada di sisi server dan berfungsi sebagai web server meskipun node.js sendiri tidak hanya sebagai web server saja.

Tentu untuk menggunakan node.js kita harus menginstallnya terlebih dahulu. kita bisa mendapatkan nya di situs resminya https://nodejs.org/. Setelah pemasangan node.js berhasil kita dapat menggunakan program yang bernama node dan program tambahan yang telah dibundle bersama node.js, npm.

ok sederhananya sekarang kita tahu penggunaan Node.js itu sebagai lingkungan untuk Javascript agar dapat bekerja di komputer kita maupun server. yang mana selama ini kita ketahui bahwa javascript hanya bekerja di dalam web browser.


referensi:
https://eloquentjavascript.net/20_node.html
https://medium.com/@kieranmaher13/nodejs-in-three-ish-minutes-4c4401b43b2c


  • Artikel (Review)dari kategori yang sama
    Yandex : Googlenya Rusia
    Yandex : Googlenya Rusia(2018-11-14 10:42)

    Vivaldi Web Browser.
    Vivaldi Web Browser.(2018-10-24 19:12)

    Apa itu Jquery?
    Apa itu Jquery?(2018-10-19 10:33)

    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Mengenal Node.js
      Komentar(0)