Dandy Alfaz

Dandy Alfaz's Blog

PHP mail() Function

Saya sebelumnya tidak pernah menggunakan fungsi bawaan PHP untuk menangani email dalam pengembangan web. Yang biasa saya gunakan adalah email class CodeIgniter atau PHPMailer.




Minggu kemarin saya mendapatkan source code halaman contact form untuk website client. Data yang dimasukan ke contact form ini nantinya akan dikirimkan sebagai email. dan saat saya melihat kode PHPnya. oh ternyata telah menggunakan PHP native tanpa tambahan library apapun.

Oke, saya pikir ini cukup menarik juga. Ini merupakan hal baru bagi saya bekerja dengan PHP native.

Dalam menangani tugas ini saya fokus kepada mail() function yang mana akan mengembalikan nilai false ketika email gagal dikirim.

Satu hal yang harus dipastikan saat menggunakan fungsi mail() ini yaitu untuk menggunakan kita harus melakukan konfigurasi terlebih dahulu di sisi server. di Windows saat mencobanya dilocalhost ini sangat mudah dilakukan tetapi ketika mencobanya di mesin saya yang mana menggunakan Linuxmint 19, saya kewalahan dan sampai sekarang belum berhasil melakukannya.

Untuk windows. saat ingin melakukan pengiriman email melalui localhost, saya telah menemukan caranya di stackoverflow .

https://stackoverflow.com/questions/4948687/xampp-sendmail-using-gmail-account?fbclid=IwAR11bnlo9_1p3mFThnWj7UQ4-EtiP__Va0obj29ds6RtgftUzj7s-0B8jyE

Tinggal sesuai kan konfigurasinya dengan konfigurasi mail client yang teman - teman ingin gunakan.


  • Artikel (Coding)dari kategori yang sama
    Belajar Angular
    Belajar Angular(2018-11-21 10:36)

    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    PHP mail() Function
      Komentar(0)